Kamis, 10 Januari 2013

SKL IPA UN 2012/2013



STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
UJIAN NASIONAL (UN) 2013

A.   ASPEK FISIKA
1.    Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
1)    Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
2)    Menentukan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan  dalam kehidupan sehari-hari.
3)    Menentukan konversi suhu pada termometer.
2.    Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
1)    Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam  kehidupan sehari-hari.
2)    Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
3)    Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
4)    Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
1)    Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
2)    Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
3)    Menjelaskan  sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
1)    Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
2)    Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
3)    Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4)    Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
5)    Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub yang dihasilkan.
5.    Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
1)    Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
6.    Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
2)    Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
B.   ASPEK KIMIA

7.    Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
3)    Mendeskripsikan atom, ion, dan  molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
8.    Memahami klasifikasi zat  serta Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
1)    Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia perubahannya.
2)    Mendeskripsikan sifat kimia atau  fisika zat tertentu serta perubahannya.
3)    Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
9.    Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari. 
1)    Mendeskripsikan bahan kimia adiktif  dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.

C.   ASPEK BIOLOGI

10. Mendeskripsikan ciri-ciri dan  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. keanekaragaman makhluk hidup, serta  pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
1)    Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.
2)    Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
3)    Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
11. Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.  Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
1)    Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
2)    Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan.
3)    Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
4)    Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
5)    Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.

12. Menjelaskan sistem organ pada manusia.
1)    Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
2)    Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
3)    Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
13. Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
1)    Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan tentang proses tersebut.
2)    Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
3)    Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
14. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
1)    Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

GAYA dan PENERAPANNYA


Gaya adalah  dorongan, kayuhan, tendangan, tarikan, atau pun hal lain yang menyebabkan benda bergerak atau berhenti dari gerakannya. Dalam fisika, gaya didefinisikan sebagai suatu dorongan atau tarikan yang mengakibatkan perubahan pada benda

Perubahan-perubahan yang dapat terjadi pada benda yang dikenai gaya adalah sebagai berikut :
a) Benda diam jadi bergerak.

    Contoh : bola diam ditendang menjadi bergerak, meja diam didorong bergerak

b) Benda bergerak menjadi diam.

    Contoh : sepeda bergerak direm sehingga berhenti

c) Bentuk dan ukuran benda berubah.

    Contoh : balon bulat ditarik sehingga menjadi lonjong panjang

d) Arah gerak benda berubah.

   Contoh : bola sepak yang bergerak dari kaki satu pemain ke pemain lain

e) Kecepatan benda berubah
    Contoh : sepeda yang dikayuh dan didorong bergerak semakin cepat

Macam-Macam Gaya
Gaya yang menyebabkan terjadinya perubahan pada benda dapat dikelompokkan berdasarkan penyebabnya dan berdasarkan pada sifatnya. 

Macam-macam gaya berdasarkan penyebabnya adalah:
a) Gaya listrik, yaitu gaya yang timbul karena adanya muatan listrik.
b) Gaya magnet, yaitu gaya yang berasal dari kutub-kutub magnet, berupa tarikan atau tolakan.
c) Gaya pegas, yaitu gaya yang ditimbulkan oleh pegas.
d) Gaya gravitasi, yaitu gaya tarik yang berasal dari pusat bumi.
e) Gaya mesin, yaitu gaya yang berasal dari mesin.
f) Gaya gesekan, yaitu gaya yang ditimbulkan akibat pergeseran antara dua permukaan yang bersentuhan.


Macam-macam gaya menurut cara kerjanya dapat dikelompokkan menjadi 2 :
1) gaya sentuh, yaitu gaya yang bekerja melalui sentuhan atau kontak langsung pada benda
    Gaya-gaya yang termasuk gaya sentuh adalah :
    a) gaya otot, contoh : gaya yang dihasilkan manusia atau hewan saat mendorong, menarik, atau
        mengangkat benda.
    b) gaya gesek, contoh : gaya yang timbul pada saat alas sepatu bersentuhan dengan lantai
    c) gaya mesin, contoh : penggerak kendaraan harus dihubungkan dengan roda-roda atau rantai dan belt agar  
        semua bagian mesin dapat bergerak
    d) gaya pegas, contoh : pegas pada shockbreaker kendaraan bermotor

2) gaya tak sentuh, yaitu gaya yang bekerja tanpa melalui sentuhan atau kontak langsung dengan benda
    Gaya-gaya yang termasuk gaya tak sentuh adalah :
    a) gaya grafitasi, contoh : benda dapat jatuh ke tanah karena gaya tarik grafitasi
    b) gaya magnet, contoh : benda logam dapat ditarik oleh magnet tanpa harus menyentuh benda
    c) gaya listrik, contoh : penggaris plastik yang digosok wool dapat menarik potongan kertas ringan
    d) gaya atom atau gaya nuklir, contoh : atom-atom dalam reaktor selalu bergerak bertolakan dengan gaya
        yang besar sehingga menghasilkan energi