BREAKDOWN SKL UJIAN NASIONAL
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA-FISIKA KIMIA) SMP
TAHUN PELAJARAN
2011/2012
Teman-teman beranda yang cinta belajar, pada kesempatan ini akan dibahas tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang diturunkan menjadi Indikator Soal dan kemungkinan bentuk sajian soal yang akan muncul di Ujian Nasional khusus untuk Materi Fisika dan Kimia. Semoga sedikit membantu untuk membuat strategi jitu mendapat nilai minimal dan maksimal yang diharapkan.
"Tidak ada yang tidak bisa selagi kita mau meluangkan waktu pikiran dan tenaga untuk meraihnya"
SKL 1 :
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
1. Indikator yang diuji :
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan tabel besaran, alat ukur dan satuannya dalam SI. Siswa dapat menentukan pasangan yang benar berdasarkan tabel
A. Disajikan tabel besaran, alat ukur dan satuannya dalam SI. Siswa dapat menentukan pasangan yang benar berdasarkan tabel
B. Disajikan pengukuran panjang benda dengan mistar. Siswa dapat menentukan panjang benda dengan benar
C. Disajikan pengukuran massa benda dengan neraca sama lengan/ neraca 3 lengan. Siswa dapat menentukan hasil pengukuran dengan benar
D. Disajikan pengukuran volume benda dengan gelas ukur tak berpancuran/ berpancuran. Siswa dapat menentukan volume benda dengan benar
E. Disajikan pengukuran volume beberapa benda yang identik (sama) dalam satu gelas ukur. Siswa dapat menentukan volume 1 benda dengan benar
C. Disajikan pengukuran massa benda dengan neraca sama lengan/ neraca 3 lengan. Siswa dapat menentukan hasil pengukuran dengan benar
D. Disajikan pengukuran volume benda dengan gelas ukur tak berpancuran/ berpancuran. Siswa dapat menentukan volume benda dengan benar
E. Disajikan pengukuran volume beberapa benda yang identik (sama) dalam satu gelas ukur. Siswa dapat menentukan volume 1 benda dengan benar
SKL 2 :
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Indikator yang diuji :
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan pernyataan sifat partikel berdasarkan jarak, ikatan dan geraknya menurut wujud zat. Siswa dapat menentukan sifat yang benar menurut wujud zat yang ditetapkan
B. Disajikan gambar pengukuran massa dengan neraca dan pengukuran volume dengan gelas ukur. Siswa dapat menentukan massa jenis benda dengan benar
C. Disajikan pengukuran massa dengan neraca dan pengukuran volume dengan gelas ukur serta tabel massa jenis beberapa benda. Siswa dapat menentukan jenis benda yang sesuai dengan pengukuran massa jenis
C. Disajikan pengukuran massa dengan neraca dan pengukuran volume dengan gelas ukur serta tabel massa jenis beberapa benda. Siswa dapat menentukan jenis benda yang sesuai dengan pengukuran massa jenis
3. Indikator yang diuji :
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan gambar gelas yang dituangi air panas kemudian pecah/retak. Siswa dapat menentukan alasan yang benar terjadinya peristiwa tersebut
B. Disajikan gambar saklar otomatis suhu pada sebuah setrika. Siswa dapat menentukan posisi keping logam agar saklar berfungsi dengan benar
C. Disajikan gambar pemasangan kawat/ kabel terentang dengan posisi kendor. Siswa dapat menentukan alasan kawat/kabel dipasang kendor dengan benar
D. Disajikan keping bimetal saat dingin dan saat dipanaskan. Siswa dapat menentukan perbandingan nilai koefisien muai kedua keping bimetal agar berfungsi sebagaimana gambar dengan benar
C. Disajikan gambar pemasangan kawat/ kabel terentang dengan posisi kendor. Siswa dapat menentukan alasan kawat/kabel dipasang kendor dengan benar
D. Disajikan keping bimetal saat dingin dan saat dipanaskan. Siswa dapat menentukan perbandingan nilai koefisien muai kedua keping bimetal agar berfungsi sebagaimana gambar dengan benar
4. Indikator yang diuji :
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan grafik pemanasan es sampai suhu tertentu. Siswa dapat menentukan besar kalor yang diperlukan untuk 2 proses pemanasan dengan benar
B.
B.
SKL 3 :
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
5. Indikator yang diuji :
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan gambar pola ticker timer untuk satu jenis gerak. Siswa dapat menentukan jenis gerak menurut pola dengan benar
A. Disajikan gambar pola ticker timer untuk satu jenis gerak. Siswa dapat menentukan jenis gerak menurut pola dengan benar
B. Disajikan gambar koin yang terletak di atas kartu penutup gelas kosong. Siswa dapat menentukan alasan koin jatuh ke dalam gelas ketika kartu disentil dengan cepat disesuaikan dengan Hukum Newton
6. Indikator yang diuji :
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan gambar benda yang mula-mula terletak pada ketinggian tertentu. Siswa dapat menentukan besar energi potensial benda pada ketinggian di bawah posisi pertama ketika benda jatuh
B. Disajikan benda yang dikenai beberapa gaya dan mengalami perpindahan. Siswa dapat menentukan usaha yang dilakukan gaya pada benda
7. Indikator yang diuji :
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
Disajikan gambar sebuah pesawat sederhana. Siswa dapat menentukan pesawat lain yang memiliki prinsip kerja sesuai dengan gambar
8. Indikator yang diuji :
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
Contoh kemungkinan sajian soal :
Disajikan gambar aquarium dengan ikan pada posisi tertentu di dalam air. Siswa dapat menentukan besar tekanan hidrostatis yang dialami ikan
9. Indikator yang diuji :
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan suatu ayunan bandul dengan simpangan tertentu. Siswa dapat menentukan frekuensi ayunan jika waktu untuk ¼ ayunan di ketahui
B. Disajikan gambar gelombang pada sumbu y-t. Siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang berdasarkan gambar
10. Indikator yang diuji :
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan pernyataan tentang sifat bunyi dan sifat gelombang. Siswa dapat menentukan sifat bunyi yang benar
B. Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan bunyi dalam teknologi dan kesehatan. Siswa dapat menentukan pemanfaatan bunyi pantul yang benar
11. Indikator yang diuji :
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan gambar benda yang terletak di depan lensa cembung pada jarak tertentu. Siswa dapat menentukan perbesaran benda jika diketahui jarak fokus lensa
B. Disajikan gambar mata dengan cacat tertentu. Siswa dapat menentukan jenis cacat mata dan alat bantu yang digunakan
SKL 5 :
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
12. Indikator yang diuji :
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
Disajikan gambar percobaan menggosok benda dengan kain wool dan kain sutera pada benda yang berbeda. Siswa dapat menentukan jenis muatan yang terjadi pada masing-masing benda dan interaksinya jika saling didekatkan
13. Indikator yang diuji :
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan rangkaian sederhana 3 hambatan (2 paralel) dihubungkan dengan sumber tegangan tertentu. Siswa dapat menentukan besar kuat arus dalam rangkaian
B. Disajikan rangkaian sederhana 3 hambatan (2 paralel) dihubungkan dengan sumber tegangan tertentu. Siswa dapat menentukan besar kuat arus yang mengalir pada salah satu cabang dalam rangkaian paralel
14. Indikator yang diuji :
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan satu peralatan listrik yang memiliki spesifikasi tertentu digunakan dalam waktu tertentu. Siswa dapat menentukan besar energi listrik yang digunakan alat tersebut
B. Disajikan satu peralatan listrik yang memiliki spesifikasi tertentu. Siswa dapat menentukan besar daya listrik yang digunakan alat tersebut jika dipasang pada tegangan lebih rendah
15. Indikator yang diuji :
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang dihasilkan
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan gambar percobaan pembuatan magnet dengan cara digosok searah. Siswa dapat menentukan kutub magnet yang terbentuk dan sifatnya
B. Disajikan gambar percobaan pembuatan magnet dengan kumparan berarus. Siswa dapat menentukan arah kutub magnet dan sifatnya dengan benar
16. Indikator yang diuji :
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan pernyataan gejala induksi elektromagnet dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Siswa dapat menentukan faktor-faktor yang dapat memperbesar ggl induksi
B. Disajikan pernyataan tentang transformator dan ciri-cirinya. Siswa dapat menentukan ciri-ciri transformator pennurun tegangan dengan benar
SKL :
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya
17. Indikator yang diuji :
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan pernyataan tentang efek kenaikan suhu bumi. Siswa dapat menentukan dengan benar dampak negatif yang timbul akibat global warming
A. Disajikan pernyataan tentang efek kenaikan suhu bumi. Siswa dapat menentukan dengan benar dampak negatif yang timbul akibat global warming
B. Disajikan pernyataan tentang pengaruh peredaran bumi dan perputaran bumi pada porosnya. Siswa dapat menentukan dengan benar pengaruh revolusi bumi
SKL :
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari
18. Indikator yang diuji :
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan beberapa zat/ materi yang ada di sekitar. Siswa dapat menentukan zat yang merupakan molekul senyawa
B. Disajikan kandungan dalam suatu produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menentukan rumus kimia sederhana kandungan zat dalam produk tersebut dengan benar
SKL :
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari
18. Indikator yang diuji :
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan beberapa zat/ materi yang ada di sekitar. Siswa dapat menentukan zat yang merupakan molekul senyawa
B. Disajikan kandungan dalam suatu produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menentukan rumus kimia sederhana kandungan zat dalam produk tersebut dengan benar
SKL :
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat- sifat, dan perubahannya
19. Indikator yang diuji :
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan pernyataan tentang sifat-sifat zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan sifat kimia zat dengan benar
A. Disajikan pernyataan tentang sifat-sifat zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan sifat kimia zat dengan benar
B. Disajikan pernyataan tentang sifat-sifat zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan sifat fisika zat dengan benar
20. Indikator yang diuji :
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan
Contoh kemungkinan sajian soal :
A. Disajikan pernyataan tentang peristiwa perubahan zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan peristiwa perubahan fisika zat dengan benar
B. Disajikan pernyataan tentang peristiwa perubahan zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan peristiwa perubahan kimia zat dengan benar
SKL :
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan
21. Indikator yang diuji :
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuhmanusia dan lingkungannya
Contoh kemungkinan sajian soal :
Disajikan pengaruh penggunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menentukan dampak negatif bahan kimia bagi lingkungan dengan benar
22. Indikator yang diuji :
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia
Contoh kemungkinan sajian soal :
Disajikan pernyataan dampak negatif penggunaan zat adiktif/ psikotropika bagi tubuh. Siswa dapat menentukan dampak negatif yang termasuk penggunaan depresan dengan benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar