STRATEGI MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN IPA
Teman-teman beranda yang cinta
belajar, pada tulisan sebelumnya saya meng-unggah tentang strategi menghadapi
Ujian Nasional, berikut saya tuliskan kemungkinan strategi yang dapat dibuat
untuk menghadapi Ujian IPA dengan membuat daftar target point (soal yang diharapkan benar), berdasarkan
Klasifikasi Prediksi Soal Ujian Nasional. Khususnya untuk materi Fisika-Kimia, untuk yang Biologi silakan teman-teman coba sendiri mengklasifikasi, semakin banyak target point yang bisa diambil, nilai yang diharapkan semakin tinggi. Pertegas target-target point tersebut dengan teman-teman melalui belajar kelompok atau dengan guru pendamping di sekolah atau di rumah atau di lembaga bimbingan belajar. Tidak kalah pentingnya adalah banyak-banyak berlatih soal yang sesuai dengan target point.
Semoga bermanfaat, selamat belajar....
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Indikator Kemampuan Yang Diuji
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Mudah
|
Sedang
|
Sulit
|
1
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai
dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Menentukan besaran pokok, besaran
turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
Pengukuran
|
A. Disajikan
tabel besaran, alat ukur dan satuannya dalam SI. Siswa dapat menentukan
pasangan yang benar berdasarkan tabel
|
v
|
|
|
B. Disajikan
pengukuran panjang benda dengan mistar. Siswa dapat menentukan panjang benda
dengan benar
|
v
|
|
|
||||
2
|
Menerapkan konsep
zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
2. Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau
penerapan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
|
Wujud
Zat
|
A. Disajikan
pernyataan sifat partikel berdasarkan jarak, ikatan dan geraknya menurut
wujud zat. Siswa dapat menentukan sifat yang benar menurut wujud zat yang
ditetapkan
|
|
v
|
|
B. Disajikan
gambar pengukuran massa dengan neraca dan pengukuran volume dengan gelas
ukur. Siswa dapat menentukan massa jenis benda dengan benar
|
|
v
|
|
||||
|
|
3. Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
|
Pemuaian
|
A. Disajikan
gambar gelas yang dituangi air panas kemudian pecah/retak. Siswa dapat
menentukan alasan yang benar terjadinya peristiwa tersebut dengan benar
|
v
|
|
|
B. Disajikan
gambar saklar otomatis suhu pada sebuah setrika. Siswa dapat menentukan
posisi keping logam agar saklar berfungsi dengan benar
|
v
|
|
|
||||
|
|
4.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan
perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
|
Kalor
|
Disajikan
grafik pemanasan es sampai suhu tertentu. Siswa dapat menentukan besar kalor
yang diperlukan untuk 2 proses pemanasan dengan benar
|
|
|
v
|
3
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar mekanika (gerak, gaya,
usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
5.
Menentukan jenis gerak lurus
atau penerapan hukum Newton
dalam kehidupan sehari-hari
|
Gerak
Lurus
|
A. Disajikan
gambar pola ticker timer untuk satu jenis gerak. Siswa dapat menentukan jenis
gerak menurut pola dengan benar
|
v
|
|
|
B. Disajikan
gambar koin yang terletak di atas kartu penutup gelas kosong. Siswa dapat
menentukan alasan koin jatuh ke dalam gelas ketika kartu disentil dengan
cepat disesuaikan dengan Hukum Newton
|
v
|
|
|
||||
|
|
6.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi
tertentu
|
Energi
dan Usaha
|
A. Disajikan
gambar benda yang mula-mula terletak pada ketinggian tertentu. Siswa dapat
menentukan besar energi potensial benda pada ketinggian di bawah posisi
pertama ketika benda jatuh
|
|
v
|
|
B. Disajikan
benda yang dikenai beberapa gaya dan mengalami perpindahan. Siswa dapat
menentukan usaha yang dilakukan gaya pada benda
|
|
v
|
|
||||
|
|
7.
Menentukan penerapan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
|
Pesawat
Sederhana
|
Disajikan
gambar sebuah pesawat sederhana. Siswa dapat menentukan pesawat lain yang
memiliki prinsip kerja sesuai dengan gambar
|
v
|
|
|
|
|
8.
Menentukan besaran fisis yang terkait
dengan tekanan pada suatu zat
|
Tekanan
|
Disajikan
gambar aquarium dengan ikan pada posisi tertentu di dalam air. Siswa dapat
menentukan besar tekanan hidrostatis yang dialami ikan
|
|
v
|
|
4
|
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran,
gelombang, bunyi, dan optik dalam
produk teknologi sehari-hari
|
9.
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang
|
Getaran
dan Gelombang
|
A. Disajikan
suatu ayunan bandul dengan simpangan tertentu. Siswa dapat menentukan
frekuensi ayunan jika waktu untuk ¼ ayunan di ketahui
|
|
|
v
|
B. Disajikan
gambar gelombang pada sumbu y-t. Siswa dapat menentukan cepat rambat
gelombang berdasarkan gambar
|
|
|
v
|
||||
|
|
10. Menjelaskan sifat
bunyi atau penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Bunyi
|
A. Disajikan
pernyataan tentang sifat bunyi dan sifat gelombang. Siswa dapat menentukan
sifat bunyi yang benar
|
v
|
|
|
B. Disajikan
pernyataan tentang pemanfaatan bunyi dalam teknologi dan kesehatan. Siswa
dapat menentukan pemanfaatan bunyi pantul yang benar
|
v
|
|
|
||||
|
|
11. Menentukan
sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa
atau penerapan alat optik dalam
kehidupan sehari-hari
|
Cahaya
|
A. Disajikan
gambar benda yang terletak di depan lensa cembung pada jarak tertentu. Siswa
dapat menentukan perbesaran benda jika diketahui jarak fokus lensa
|
|
|
v
|
B. Disajikan
gambar mata dengan cacat tertentu. Siswa dapat menentukan jenis cacat mata
dan alat bantu yang digunakan
|
|
v
|
|
||||
5
|
Memahami
konsep kelistrikan dan kemagnetan
serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
12. Menjelaskan
gejala listrik statis dalam
penerapan kehidupan sehari-hari
|
Listrik
Statis
|
Disajikan
gambar percobaan menggosok benda dengan kain wool dan kain sutera pada benda yang
berbeda. Siswa dapat menentukan jenis muatan yang terjadi pada masing-masing
benda dan interaksinya jika saling didekatkan
|
v
|
|
|
|
|
13. Menentukan
besaran-besaran listrik dinamis
dalam suatu rangkaian (seri/paralel,
Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Listrik
Dinamis
|
A. Disajikan
rangkaian sederhana 3 hambatan (2 paralel) dihubungkan dengan sumber tegangan
tertentu. Siswa dapat menentukan besar kuat arus dalam rangkaian
|
|
|
v
|
B. Disajikan
rangkaian sederhana 3 hambatan (2 paralel) dihubungkan dengan sumber tegangan
tertentu. Siswa dapat menentukan besar kuat arus yang mengalir pada salah
satu cabang dalam rangkaian paralel
|
|
|
v
|
||||
|
|
14. Menentukan besarnya energi atau daya
listrik dalam kehidupan sehari-hari
|
Energi
dan Daya Listrik
|
A. Disajikan
satu peralatan listrik yang memiliki spesifikasi tertentu digunakan dalam
waktu tertentu. Siswa dapat menentukan besar energi listrik yang digunakan
alat tersebut
|
|
v
|
|
B. Disajikan
satu peralatan listrik yang memiliki spesifikasi tertentu. Siswa dapat
menentukan besar daya listrik yang digunakan alat tersebut jika dipasang pada
tegangan lebih rendah
|
|
|
v
|
||||
|
|
15. Menjelaskan
cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang dihasilkan
|
Kemagnetan
|
A. Disajikan
gambar percobaan pembuatan magnet dengan cara digosok searah. Siswa dapat
menentukan kutub magnet yang terbentuk dan sifatnya
|
v
|
|
|
B. Disajikan
gambar percobaan pembuatan magnet dengan kumparan berarus. Siswa dapat
menentukan arah kutub magnet dan sifatnya dengan benar
|
v
|
|
|
||||
|
|
16. Menjelaskan
peristiwa induksi elektromagnetik
atau penerapannya pada transformator
|
Induksi
Elektromagnetik
|
A. Disajikan
pernyataan gejala induksi elektromagnet dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya. Siswa dapat menentukan faktor-faktor yang dapat memperbesar
ggl induksi
|
|
v
|
|
B. Disajikan
pernyataan tentang transformator dan ciri-cirinya. Siswa dapat menentukan
ciri-ciri transformator pennurun tegangan dengan benar
|
|
v
|
|
||||
6
|
Memahami
sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya
|
17. Menjelaskan
fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
|
Tata
Surya
|
A. Disajikan
pernyataan tentang efek kenaikan suhu bumi. Siswa dapat menentukan dengan
benar dampak negatif yang timbul akibat global warming
|
v
|
|
|
B. Disajikan
pernyataan tentang pengaruh peredaran bumi dan perputaran bumi pada porosnya.
Siswa dapat menentukan dengan benar pengaruh revolusi bumi
|
v
|
|
|
||||
7
|
Mendeskripsikan
konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari
|
18. Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya
pada produk kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
Konsep
Materi dan Produk Kimia Rumah Tangga
|
A. Disajikan
beberapa zat/ materi yang ada di sekitar. Siswa dapat menentukan zat yang
merupakan molekul senyawa
|
|
v
|
|
B. Disajikan
kandungan dalam suatu produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat
menentukan rumus kimia sederhana kandungan zat dalam produk tersebut dengan
benar
|
|
v
|
|
||||
8
|
Mendeskripsikan
klasifikasi zat, sifat- sifat, dan perubahannya
|
19. Menjelaskan
sifat-sifat fisika dan atau
kimia berdasarkan hasil percobaan
|
Sifat
Materi
|
A. Disajikan
pernyataan tentang sifat-sifat zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa
dapat menentukan sifat kimia zat dengan benar
|
|
v
|
|
B. Disajikan
pernyataan tentang sifat-sifat zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa
dapat menentukan sifat fisika zat dengan benar
|
|
v
|
|
||||
|
|
20. Menjelaskan
perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan
|
Perubahan
Materi
|
A. Disajikan
pernyataan tentang peristiwa perubahan zat menurut sifat fisika dan sifat
kimia. Siwa dapat menentukan peristiwa perubahan fisika zat dengan benar
|
v
|
|
|
B. Disajikan
pernyataan tentang peristiwa perubahan zat menurut sifat fisika dan sifat
kimia. Siwa dapat menentukan peristiwa perubahan kimia zat dengan benar
|
v
|
|
|
||||
9
|
Mendeskripsikan bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari serta
pengaruhnya pada tubuh manusia dan
lingkungan
|
21. Menjelaskan
bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh
manusia dan lingkungannya
|
Bahan
Kimia Aditif
|
Disajikan
pengaruh penggunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat
menentukan dampak negatif bahan kimia bagi lingkungan dengan benar
|
|
v
|
|
|
|
22. Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia
|
Bahan
Kimia Adiktif
|
Disajikan
pernyataan dampak negatif penggunaan zat adiktif/ psikotropika bagi tubuh.
Siswa dapat menentukan dampak negatif yang termasuk penggunaan depresan
dengan benar
|
|
v
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar