Jumat, 13 April 2012

Strategi UN : Klasifikasi Soal IPA


STRATEGI MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN IPA

Teman-teman beranda yang cinta belajar, pada tulisan sebelumnya saya meng-unggah tentang strategi menghadapi Ujian Nasional, berikut saya tuliskan kemungkinan strategi yang dapat dibuat untuk menghadapi Ujian IPA dengan membuat daftar target point (soal yang diharapkan benar), berdasarkan Klasifikasi Prediksi Soal Ujian Nasional. Khususnya untuk materi Fisika-Kimia, untuk yang Biologi silakan teman-teman coba sendiri mengklasifikasi, semakin banyak target point yang bisa diambil, nilai yang diharapkan semakin tinggi. Pertegas target-target point tersebut dengan teman-teman melalui belajar kelompok atau dengan guru pendamping di sekolah atau di rumah atau di lembaga bimbingan belajar. Tidak kalah pentingnya adalah banyak-banyak berlatih soal yang sesuai dengan target point. 
Semoga bermanfaat, selamat belajar....

No
Standar Kompetensi Lulusan
Indikator Kemampuan Yang Diuji
Materi Pokok
Indikator Soal
Mudah
Sedang
Sulit
1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
1.     Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Pengukuran
A.     Disajikan tabel besaran, alat ukur dan satuannya dalam SI. Siswa dapat menentukan pasangan yang benar berdasarkan tabel
v


B.     Disajikan pengukuran panjang benda dengan mistar. Siswa dapat menentukan panjang benda dengan benar

v


2
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.     Menentukan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Wujud Zat
A.     Disajikan pernyataan sifat partikel berdasarkan jarak, ikatan dan geraknya menurut wujud zat. Siswa dapat menentukan sifat yang benar menurut wujud zat yang ditetapkan

v






B.     Disajikan gambar pengukuran massa dengan neraca dan pengukuran volume dengan gelas ukur. Siswa dapat menentukan massa jenis benda dengan benar


v



3.     Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
Pemuaian
A.     Disajikan gambar gelas yang dituangi air panas kemudian pecah/retak. Siswa dapat menentukan alasan yang benar terjadinya peristiwa tersebut dengan benar
v


B.     Disajikan gambar saklar otomatis suhu pada sebuah setrika. Siswa dapat menentukan posisi keping logam agar saklar berfungsi dengan benar
v




4.     Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
Kalor
Disajikan grafik pemanasan es sampai suhu tertentu. Siswa dapat menentukan besar kalor yang diperlukan untuk 2 proses pemanasan dengan benar



v
3
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
5.     Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
Gerak Lurus
A.     Disajikan gambar pola ticker timer untuk satu jenis gerak. Siswa dapat menentukan jenis gerak menurut pola dengan benar
v


B.     Disajikan gambar koin yang terletak di atas kartu penutup gelas kosong. Siswa dapat menentukan alasan koin jatuh ke dalam gelas ketika kartu disentil dengan cepat disesuaikan dengan Hukum Newton
v




6.     Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu
Energi dan Usaha
A.     Disajikan gambar benda yang mula-mula terletak pada ketinggian tertentu. Siswa dapat menentukan besar energi potensial benda pada ketinggian di bawah posisi pertama ketika benda jatuh

v

B.     Disajikan benda yang dikenai beberapa gaya dan mengalami perpindahan. Siswa dapat menentukan usaha yang dilakukan gaya pada benda

v



7.     Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Pesawat Sederhana
Disajikan gambar sebuah pesawat sederhana. Siswa dapat menentukan pesawat lain yang memiliki prinsip kerja sesuai dengan gambar
v




8.     Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
Tekanan
Disajikan gambar aquarium dengan ikan pada posisi tertentu di dalam air. Siswa dapat menentukan besar tekanan hidrostatis yang dialami ikan


v

4
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari
9.     Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang
Getaran dan Gelombang
A.     Disajikan suatu ayunan bandul dengan simpangan tertentu. Siswa dapat menentukan frekuensi ayunan jika waktu untuk ¼ ayunan di ketahui


v
B.     Disajikan gambar gelombang pada sumbu y-t. Siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang berdasarkan gambar


v


10.  Menjelaskan  sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Bunyi
A.     Disajikan pernyataan tentang sifat bunyi dan sifat gelombang. Siswa dapat menentukan sifat bunyi yang benar
v


B.     Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan bunyi dalam teknologi dan kesehatan. Siswa dapat menentukan pemanfaatan bunyi pantul yang benar

v




11.  Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
Cahaya
A.     Disajikan gambar benda yang terletak di depan lensa cembung pada jarak tertentu. Siswa dapat menentukan perbesaran benda jika diketahui jarak fokus lensa


v
B.     Disajikan gambar mata dengan cacat tertentu. Siswa dapat menentukan jenis cacat mata dan alat bantu yang digunakan


v

5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
12.  Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari
Listrik Statis
Disajikan gambar percobaan menggosok benda dengan kain wool dan kain sutera pada benda yang berbeda. Siswa dapat menentukan jenis muatan yang terjadi pada masing-masing benda dan interaksinya jika saling didekatkan
v




13.  Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari
Listrik Dinamis
A.     Disajikan rangkaian sederhana 3 hambatan (2 paralel) dihubungkan dengan sumber tegangan tertentu. Siswa dapat menentukan besar kuat arus dalam rangkaian


v
B.     Disajikan rangkaian sederhana 3 hambatan (2 paralel) dihubungkan dengan sumber tegangan tertentu. Siswa dapat menentukan besar kuat arus yang mengalir pada salah satu cabang dalam rangkaian paralel



v


14.  Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Energi dan Daya Listrik
A.     Disajikan satu peralatan listrik yang memiliki spesifikasi tertentu digunakan dalam waktu tertentu. Siswa dapat menentukan besar energi listrik yang digunakan alat tersebut

v

B.     Disajikan satu peralatan listrik yang memiliki spesifikasi tertentu. Siswa dapat menentukan besar daya listrik yang digunakan alat tersebut jika dipasang pada tegangan lebih rendah


v


15.  Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang dihasilkan
Kemagnetan
A.     Disajikan gambar percobaan pembuatan magnet dengan cara digosok searah. Siswa dapat menentukan kutub magnet yang terbentuk dan sifatnya
v


B.     Disajikan gambar percobaan pembuatan magnet dengan kumparan berarus. Siswa dapat menentukan arah kutub magnet dan sifatnya dengan benar
v




16.  Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator
Induksi Elektromagnetik
A.     Disajikan pernyataan gejala induksi elektromagnet dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Siswa dapat menentukan faktor-faktor yang dapat memperbesar ggl induksi

v

B.     Disajikan pernyataan tentang transformator dan ciri-cirinya. Siswa dapat menentukan ciri-ciri transformator pennurun tegangan dengan benar

v

6
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya
17.  Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
Tata Surya
A.     Disajikan pernyataan tentang efek kenaikan suhu bumi. Siswa dapat menentukan dengan benar dampak negatif yang timbul akibat global warming
v


B.     Disajikan pernyataan tentang pengaruh peredaran bumi dan perputaran bumi pada porosnya. Siswa dapat menentukan dengan benar pengaruh revolusi bumi
v


7
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari

18.  Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari
Konsep Materi dan Produk Kimia Rumah Tangga
A.     Disajikan beberapa zat/ materi yang ada di sekitar. Siswa dapat menentukan zat yang merupakan molekul senyawa

v

B.     Disajikan kandungan dalam suatu produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menentukan rumus kimia sederhana kandungan zat dalam produk tersebut dengan benar

v

8
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat- sifat, dan perubahannya
19.  Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan
Sifat Materi
A.     Disajikan pernyataan tentang sifat-sifat zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan sifat kimia zat dengan benar

v

B.     Disajikan pernyataan tentang sifat-sifat zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan sifat fisika zat dengan benar

v



20.  Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan
Perubahan Materi
A.     Disajikan pernyataan tentang peristiwa perubahan zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan peristiwa perubahan fisika zat dengan benar
v


B.     Disajikan pernyataan tentang peristiwa perubahan zat menurut sifat fisika dan sifat kimia. Siwa dapat menentukan peristiwa perubahan kimia zat dengan benar
v


9
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan
21.  Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya
Bahan Kimia Aditif
Disajikan pengaruh penggunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menentukan dampak negatif bahan kimia bagi lingkungan dengan benar



v



22.  Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia
Bahan Kimia Adiktif
Disajikan pernyataan dampak negatif penggunaan zat adiktif/ psikotropika bagi tubuh. Siswa dapat menentukan dampak negatif yang termasuk penggunaan depresan dengan benar

v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar