Minggu, 04 Maret 2012

MASA-MASA UJIAN SMP

Para siswa kelas IX pada minggu ini memasuki masa ujian, terutama ujian sekolah. Ujian sekolah biasanya diawali dengan ujian praktik kemudian dilanjutkan dengan ujian tulis yang mana soal-soalnya disusun oleh sekolah sendiri dengan mempertimbangan standar kompetensi lulusan yang sudah ditetapkan.
SMP Stella Duce 2 Yogyakarta melaksanakan Ujian Praktik mulai hari Selasa, 6 Maret 2012 sampai dengan Sabtu, 10 Maret 2012, sedangkan ujian tulis akan dilaksanakan mulai senin, 19 Maret 2012 sampai dengan Senin, 26 Maret 2012.
Di antara ujian praktik dan ujian tulis tersebut, ada tes pendalaman materi ujian nasional (TPM UN) yang dilaksanakan oleh MKKS tingkat propinsi DIY pada hari senin-selasa, 12-13 Maret 2012, satu hari 2 mata ujian. Masa-masa yang mulai dirasakan berat oleh siswa karena waktu yang terasa semakin sedikit untuk  mempersiapkan. Hal ini dikarenakan meskipun sudah diupayakan untuk dipersiapkan sedemikian rupa pada waktu jauh-jauh sebelumnya, tetapi masih saja ada siswa yang tidak memulai mempersiapkan, dan masih mengatakan nanti juga bisa atau nanti-nanti sajalah, kan masih lama to ujiannya. Tanpa terasa waktu terlewat dan besok sudah ujian, belum mempersiapkan diri. Akhirnya siswa cemas dan khawatir kalau tidak lulus.
Guna mengurangi rasa cemas dan khawatir siswa karena tidak memndengarkan saat dijelaskan atau tidak datang saat sosialisasi, maka pada postingan kali ini penulis mencoba menuliskan gambaran atau sering disebut rambu-rambu ujian. Namanya rambu-rambu, tentunya diharapkan dapat berfungsi sebagai pegangan untuk mengarahkan belajar supaya lebih fokus, sehingga akhirnya dapat menghadapi ujian dengan lebih siap.
Faktor lain yang menentukan berhasil atau tidaknya tentunya kembali pada mentalitas siswa saat menghadapi ujian sebenarnya. Materi siap tetapi mental down, ya akhirnya kacau balau saat ujian bisa saja kan?

Postingan ini menuliskan tentang rambu-rambu ujian praktik IPA yang terdiri dari materi Fisika, Kimia dan Biologi.
1. Rambu-Rambu Ujian Praktik Fisika
2. Rambu-Rambu Ujian Praktik Biologi
3. Rambu-Rambu UJian Praktik Kimia
4. Prosedur Pelaksanaan Ujian Praktik IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar