Kamis, 29 Maret 2012

Tugas Belajar Getaran dan Gelombang Kelas 8


TUGAS BELAJAR MANDIRI  IPA FISIKA
KELAS : VIII * MATERI POKOK : GETARAN & GELOMBANG

Kerjakan soal berikut dengan cara jawab lengkap di buku catatan/ buku latihan secara urut nomor!
1.     Temukan dan tuliskan pengertian getaran dalam ilmu fisika !Tuliskan 5 (lima) contoh sumber getaran dalam kehidupan sehari-hari !
2.     Temukan dan tuliskan pengertian satu getaran ! Gambarkan getaran pada sistem ayunan sederhana dan berilah keterangan gerakan satu getaran !
3.     Temukan dan tuliskan pengertian periode dan frekuensi getaran!Tuliskan rumus matematis dari periode dan frekuensi !
4.     Sebuah ayunan sederhana melakukan getaran sebanyak 100 kali dalam 10 detik. Hitunglah periode dan frekuensi getarannya !
5.     Temukan dan tuliskan hubungan matematis antara periode dan frekuensi !
6.     Jika sebuah sumber getar mampu melakukan getaran dengan frekuensi 100 Hz, hitunglah periode getarnya !
7.     Temukan dan tuliskan pengertian gelombang !Tuliskan 5 (lima) contoh gelombang dalam kejadian sehari-hari !
8.     Temukan dan tuliskan pengertian gelombang mekanik! Tuliskan 3 (tiga) contoh gelombang mekanik dalam kejadian sehari-hari !
9.     Temukan dan tuliskan pengertian gelombang elektromagnetik! Tuliskan 3 (tiga) contoh gelombang elektromagnetik dalam kejadian sehari-hari !
10.  Temukan dan tuliskan perbedaan gelombang transversal dan gelombang longitudinal ! Tuliskan masing-masing 3 (tiga) contohnya dalam kejadian sehari-hari !
11.  Temukan dan gambarkan dengan rapi bentuk gelombang transversal dan gelombang longitudinal !Lengkapi gambar gelombang tersebut dengan keterangan yang menunjukkan satu gelombang !
12.  Temukan dan tuliskan pengertian dari panjang gelombang dan cepat rambat gelombang ! Tuliskan rumus matematis cepat rambat gelombang !
13.  Suatu gelombang permukaan air menunjukkan 10 gelombang dalam waktu 5 detik menempuh jarak 20 meter. Hitunglah periode, frekuensi, panjang gelombang dan cepat rambat gelombang tersebut !
14.  Temukan dan tuliskan 5 (lima) contoh pemanfaatan gelombang dalam kehidupan sehari di bidang teknologi dan kesehatan !
15.  Sebuah gelombang ultrasonik dipancarkan ke dasar laut dengan kecepatan 1500 m/detik, jika jeda waktu sejak dipancarkan dan diterima kembali berlansung selama 0,75 detik, berapa kedalaman laut di tempat tersebut ?

Selamat Mengerjakan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar