Senin, 12 Maret 2012

SEKOLAH JANGAN TANGGUNG....
 
Gambar ini bukan acara outbound anak-anak. 
Ini perjuangan anak-anak sekolah menyeberang sungai dengan menggunakan jembatan tali yang membentang di atas sungai karena jembatan ambruk. Resiko tidak kecil, menantang maut bahkan, untuk satu tujuan, sekolah.


Ketika ditanya, "Kenapa sekolah?"
Jawaban yang muncul kebanyakan adalah "ingin belajar supaya pandai", "ingin dapat ilmu supaya terjamin hidup masa depan", "ingin lebih mandiri dalam hidup", dan jawaban-jawaban membanggakan lainnnya.
Heroik memang....

Tapi kok tetep aja ada siswa yang memuja kemalasan, sopan santun kurang, tidak peduli pada diri dan orang lain, berani melawan orangtua, corat coret dinding publik, pelanggaran tata tertib sekolah dan tata tertib umum (lalu lintas, kemasyarakatan), bertindak anarkis, dan hal-hal negatif lain.
Tidak bermaksud menutup mata terhadap banyaknya nilai-nilai positif yang dihasilkan dari sekolah, prestasi di berbagai bidang akademik dan non akademik pada berbagai tingkatan baik lokal, nasional dan internasional, menunjukkan betapa keberhasilan pendidikan sekolah itu nyata.
Apa yang seperti penulis ungkapkan di atas hanyalah "oknum tidak bertanggung jawab" yang jumlahnya sangat-sangat sedikit dan tidak berpengaruh besar. Benarkah?

Mari tuliskan komentar Anda untuk bersama-sama sharing tentang dunia pendidikan sekolah kita. Terimakasih atas sumbang saran dan pendapatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar