Kamis, 05 April 2012

Pembahasan Soal Pemuaian


PATAS UN
KUPAS TUNTAS MATERI UN

Teman-teman beranda yang cinta belajar, pada kesempatan ini akan dikupas tentang contoh soal pemuaian. Selamat belajar, selamat menikmati, semoga bermanfaat....


Contoh soal 1 :
Perhatikan gambar pemasangan kawat telepon berikut !
Mengapa kawat telepon dipasang demikian?


Pembahasan :
Biasanya kabel/kawat telepon/listrik dipasang saat siang hari, maka dengan mempertimbangkan faktor pemuaian (pertambahan ukuran) kawat saat siang hari dan penyusutan (pemendekan) kawat saat malam hari, kawat/kabel dipasang kendor saat siang hari sehingga saat malam hari ketika menyusut (memendek) tidak putus.
Jadi : kawat telepon atau kawat listrik dipasang kendor pada suhu normal untuk menghindarkan dari kemungkinan putus akibat penyusutan saat suhu dingin.


Contoh soal 2 :
Perhatikan gambar berikut !
Jika koefisien muai panjang logam A 0,00019/C dan koefisien muai panjang logam B 0,00012/C, kemana arah keping akan melengkung?








Pembahasan :
Keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang mempunyai koefisien muai lebih kecil.
Berdasarkan gambar di atas dan pernyataan dalam kalimat soal, koefisien muai logam A lebih kecil daripada logam B dengan demikian keping bimetal akan melengkung ke arah logam A, atau ke arah atas.


Contoh soal 3 :
Perhatikan gambar berikut !
Berdasarkan gambar di samping, agar saklar berfungsi sebagaimana mestinya yaitu membunyikan alarm saat keping panas, dan mematikan alarm saat keping dingin, bagaimana pengaturan keping yang benar?








Pembahasan :
Saklar alarm menurut gambar di atas akan membunyikan alarm saat melengkung ke bawah dan mematikan alarm jika lurus atau melengkung ke atas. Agar bimetal yang digunakan sebagai skalar otomatis ini dapat berfungsi dengan benar maka koefisien muai keping B harus lebih kecil daripada koefisien muai keping A, dengan demikian saat dipanaskan keping akan melengkung ke bawah dan alarm berbunyi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar