Rabu, 25 April 2012

Satu Lagi : Strategi Menghadapi UN

PATAS UN
KUPAS TUNTAS UN

Teman-teman beranda yang cinta belajar,
Hari kamis, 26 April 2012, merupakan hari terakhir Ujian Nasional SMP dengan mata ujian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA yang diujikan memuat aspek Fisika, Biologi dan Kimia yang disusun dalam 40 butir soal pilihan ganda 4 pilihan. Jika dilihat komposisi soal yang mungkin muncul dalam UN, berdasarkan beberapa kali Tes Pendalaman Materi, adalah 18 soal Fisika, 4 soal Kimia dan 18 soal Biologi.
Kalau kita berhitung dengan target nilai yang ingin dicapai dari mata ujian IPA, bisa samakan dengan target soal  yang seharusnya dikerjakan dengan benar tanpa kemungkinan salah. Perhitungan nilai sederhananya, jumlah soal yang dikerjakan dengan yakin benar tinggal dibagi 4 sudah merupakan gambaran nilai ujian yang akan diperoleh. Kita tidak tahu bagaimana pedoman penilaian untuk ujian nasional, apakah setiap nomor soal diberi skor 1 untuk jawaban benar, dan 0 untuk jawaban salah atau dengan pembobotan tertentu, itu urusan bagian korektor, biarlah mereka bekerja sesuai sistem yang ditentukan.
Kalau kita masuk lebih jauh lagi ke dalam soal-soal pendalaman materi, soal-soal prediksi ujian yang diujikan pada saat latihan atau di-try out-kan, ataupun paket-paket soal latihan persiapan ujian yang dijual di lapak-lapak ataupun toko buku, pasti ada soal-soal yang bisa dikerjakan dengan ringan/mudah dan dijamin pasti kebenaran jawabannya, asal tidak meninggalkan ketelitian. Sering terjadi, karena dianggap mudah, pencermatan soal menjadi kurang teliti sehingga salah ketika menjawab.
Pada soal Fisika dapat kita cermati soal-soal yang bisa menjadi target poin sebagaimana pernah penulis muat pada postingan sebelumnya tentang Strategi Menghadapi Ujian, yang mana soal-soal itu relatif mudah dan bisa dipahami dengan cepat jawaban benarnya yang mana. Mari kita tinjau lagi soal-soal yang bisa menjadi target poin dari aspek Fisika (cukup 8 sampai 10 soal saja).

  1. Tabel besaran dan satuan dalam SI serta alat ukurnya, kenali untuk 5 besaran pokok yang dikenal sehari-hari (panjang-meter-mistar, massa-kilogram-neraca, waktu-sekon-stopwatch, suhu-kelvin-termometer, kuat arus-ampere-amperemeter)
  2. Pengukuran besaran (panjang dengan mistar/ massa dengan neraca sama lengan menggunakan anak timbangan, neraca tiga lengan/ pengukuran volume benda dengan gelas ukur)
  3. Peristiwa pemuaian dalam kejadian sehari-hari (keping bimetal, gelas pecah dituang air panas, rel kereta dibuat renggang, kabel dibuat kendor)
  4. Sifat bunyi dan pemanfaatan ultrasonik dalam teknologi/ kesehatan
  5. Jenis gerak menurut jejak tetesan oli (dibaca sesuai gerak mobil), menurut jejak ticker timer (dibaca berlawanan dengan gerak benda)
  6. Pemberian muatan listrik pada benda dengan cara digosok (mika/plastik/ebonit digosok wool bermuatan negatif, kaca digosok sutera bermuatan positif)
  7. Penentuan kutub magnet buatan (dengan digosok searah - ujung ditinggal kutubnya berlawanan/ dengan kumparan berarus listrik - gunakan tangan kanan menggenggam)
  8. Faktor-faktor penentu besarnya tegangan listrik induksi (kuat magnet, kerapatan, kecepatan)
  9. Hitungan Usaha : W = F x s (perhatikan F (gaya) sering disajikan lebih dari satu)
  10. Hitungan Massa Jenis : p = m/V (perhatikan massa atau volume sering disajikan dalam bentuk gambar, atau diminta menentukan jenis benda yang diuji)   
Jika di aspek Biologi pun ada 8 sampai 10 soal yang bisa yakin benar, di aspek Kimia ada 1 sampai 2 soal yang yakin benar, maka secara sederhana, hitung-hitung nilai antara 4,25 sampai dengan 5,5 pasti diperoleh. Coba kalau dari langkah cap cip cup-nya ada juga yang benar "kebetulan", sudah pasti nilainya naik dari yang diperkirakan....
Bisa tidak ya?.....Semoga
Selamat Belajar, Semoga bermanfaat........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar