Senin, 02 April 2012

Tugas Belajar Materi Bunyi


TUMAN IPA
TUGAS BELAJAR MANDIRI  IPA 
KELAS : VIII * MATERI POKOK : BUNYI

Kerjakan soal berikut dengan cara jawab lengkap di buku catatan/ buku latihan secara urut nomor sebagai bahan untuk memperlajari materi Bunyi ! 

1.   Temukan dan tuliskan persyaratan yang harus ada agar bunyi dapat terdengar !Tuliskan 5 (lima) contoh sumber bunyi dalam kehidupan sehari-hari !
2.   Temukan dan tuliskan jenis gelombang yang dimiliki bunyi !
3.  Temukan dan tuliskan 3 (tiga) kelompok bunyi menurut rentang frekuensinya !Tuliskan masing-masing 2 (dua) contoh sumber bunyinya dalam kejadian hidup sehari-hari !
4.  Temukan dan tuliskan 5 (lima) contoh pemanfaatan gelombang bunyi ultrasonik dalam bidang teknologi dan kesehatan !
5.  Temukan dan tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi !
6. Suatu sumber bunyi memiliki frekuensi 100 Hz, hitunglah panjang gelombang bunyi tersebut jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s !
7. Seorang pendengar mendengar bunyi petir 3 detik setelah kilat terlihat, jika cepat rambat bunyi di udara 330 m/s, hitunglah jarak pendengar dengan tempat terjadinya petir !
8. Temukan dan tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi :
a.     Kuat lemahnya bunyi !
b.     Tinggi rendahnya bunyi !
9.  Temukan dan tuliskan apa yang dimaksud dengan timbre (warna bunyi) ! Tuliskan 2 (dua) contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
10.Temukan dan tuliskan perbedaan nada dan desah ! Tuliskan masing-masing contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
11.Temukan dan tuliskan pernyataan Hukum Marsenne tentang frekuensi bunyi pada dawai/ senar ! Tuliskan rumus matematis Hukum Marsenne lengkap dengan keterangannya !
12.Temukan dan tuliskan pengertian resonansi bunyi ! Tuliskan 5 (lima) contoh peristiwa resonansi dalam kejadian hidup sehari-hari !
13.Temukan dan tuliskan syarat-syarat terjadinya resonansi !
14.Temukan dan tuliskan 3 (tiga) jenis bunyi pantul dalam kejadian hidup sehari-hari ! Tuliskan masing-masing contohnya !
15.Sebuah alat pengukur kedalaman laut memancarkan sinyal bunyi dengan kecepatan 1500 m/s ke dalam air laut. Jika sinyal bunyi pantul diterima kembali setelah 4 sekon, hitunglah kedalaman laut di tempat tersebut !

Selamat Mengerjakan,
Diharapkan kerjasamanya untuk menikmati biscuit roma belajar ini sedikit demi sedikit dengan sepenuh hati  sebagaimana menikmati Biscuit OREO (diputer, dirasakan, dicelupin, dimakan....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar